span.fullpost {display:inline;}

Search Engine

18 Feb 2009

Tips sederhana teknik login yang aman

Dengan banyaknya fasilitas di Internet yang membutuhkan akses masuk (login) seperti email, akses web server maupun account lainnya, maka kita harus lebih berhati-hati, apalagi jika account kita sangat rahasia dan berharga. Hal ini terutama jika kita sering login melalui komputer orang lain atau warnet. Salah satu aplikasi yang harus diwaspadai adalah “keylogger”. Aplikasi ini biasanya berjalan sembunyi yang tujuannya merekam huruf demi huruf yang diketik oleh pengguna komputer, yang selanjutnya bisa dikirim ke alamat tertentu atau untuk dilihat nantinya. Jika kita dalam proses login (mengetik Username dan Password misalnya), dan ternyata ada keylogger di komputer tersebut, maka username dan Password yang diketik akan terekam, sehingga sangat mudah account kita sudah menjadi milik orang lain. Wah bisa gawat kalau begini…



Jika kita mempunyai account yang banyak, maka ada baiknya kita gunakan software khusus, seperti Keepass Password Safe , Password Safe dan aplikasi sejenisnya. Tetapi terkadang pemakaian tools tersebut tidak praktis (merepotkan) atau mungkin terlupa tidak membawa aplikasi tersebut. Berikut ada alternatif tips untuk login:

* Beri fokus dimana saja (yang bisa untuk menulis huruf), selain di tempat menulis username/password
* Ketikkan huruf secara acak
* Sekarang tulis di tempat username/passsword satu atau beberapa huruf
* Ulangi mengetik di luar kotak password dengan huruf acak dan kembali meneruskan mengetik username/passwordnya
* Proses itu diulangi sampai menulis username/password selesai



Dengan Tips di atas, walaupun username dan password kita bisa terekam oleh keylogger, tetapi sudah bercampur dengan huruf acak yang kita tulis. Dan ini tentu akan mempersulit orang yang mungkin akan mencuri password kita.



Untuk melengkapi artikel tentang hal ini bisa dibaca artikel berikut :

* How To Login From an Internet Cafe Without Worrying About Keyloggers ( Pdf version )
* http://www.keylogger.org
* Keystroke logging

0 comments:

Template by:
Free Blog Templates